This is the guide on how to be extraordinary!
Home Learning Cara Kerja Zahir Accounting Jurnal Transaksi di Zahir Accounting
Jurnal Transaksi di Zahir Accounting PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 09 September 2009 03:37
Jurnal Transaksi digunakan untuk menginput transaksi keuangan yang terjadi di suatu perusahaan ke dalam komputer untuk dapat dibuatkan laporan dan analisa keuangannya.

Dalam sistem pencatatan akuntansi manual, setiap jurnal transaksi dibuat ke dalam bentuk jurnal umum berdasarkan formulir transaksi (seperti faktur penjualan).

Dalam Zahir Accounting Anda akan lebih banyak bekerja dengan mengisi formulir transaksi seperti keadaan sebenarnya, tanpa perlu mengetahui cara membuat jurnalnya.

Setiap kali Anda membuat jurnal transaksi dengan mengisi formulir transaksi, program akan membuatkan jurnal umumnya secara otomatis.

Jurnal yang dibuat secara otomatis tersebut dapat berjumlah lebih dari satu, misalnya jurnal penjualan kredit akan dibuatkan tiga jurnal yaitu jurnal penjualan, jurnal pembayaran uang muka dan jurnal pencadangan penghapusan piutang, demikian juga untuk jurnal-jurnal lainnya.

Berikut beberapa jurnal transaksi yang terdapat dalam Zahir Accounting:
1.Jurnal Penjualan : untuk menginput transaksi penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan pembayaran kredit maupun cash.
2.Jurnal Retur Penjualan : untuk menginput transaksi retur penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan cash maupun nota kredit
3.Jurnal Pembelian : untuk menginput transaksi pembelian dan retur pembelian yang terjadi, baik transaksi pembayaran kredit maupun cash.
4.Jurnal Retur Pembelian : untuk menginput transaksi retur penjualan yang terjadi, baik transaksi dengan cash maupun nota kredit
5.Jurnal Kas Masuk : untuk menginput transaksi pemasukan kas.
6.Jurnal Kas Keluar : untuk menginput transaksi pengeluaran kas.
7.Jurnal Pembayaran Piutang Usaha : untuk menginput transaksi pemasukan kas yang berasal dari pembayaran piutang usaha dari pelanggan.
8.Jurnal Pembayaran Hutang Usaha : untuk menginput transaksi pengeluaran kas yang digunakan untuk membayar hutang usaha kepada supplier.
9.Jurnal Pengembalian Kelebihan Pembayaran Piutang Usaha : untuk menginput transaksi pengembalian kelebihan pembayaran piutang usaha.
10.Jurnal Penerimaan Kelebihan Pembayaran Hutang Usaha : untuk menginput transaksi penerimaan kelebihan pembayaran hutang usaha yang telah dibayarkan kepada supplier.
11.Jurnal Penyesuaian Persediaan : untuk menginput transaksi penyesuaian persediaan, seperti penggunaan bahan baku menjadi harga pokok penjualan, dll (khusus edisi standar).
12.Jurnal Pemindahan Barang : untuk menginput transaksi pemindahan persediaan, seperti transaksi penggunaan bahan baku menjadi barang jadi (khusus edisi standar).
13.Jurnal Umum : untuk menginput transaksi keuangan yang tidak memiliki jurnal tersendiri, seperti transaksi adjusting.

Serta terdapat beberapa alat bantu pembuatan jurnal untuk transaksi - transaksi rutin :
1.Transfer Kas : digunakan untuk membuat jurnal pemindahan kas dari satu akun kas ke akun kas lainnya dengan menggunakan jurnal umum.
2.Auto Build : digunakan untuk membuat jurnal pemindahan persediaan, kas dari satu persediaan ke persediaan lainnya dengan menggunakan Jurnal Pemindahan Barang, ini bermanfaat jika ingin melakukan jurnal pembuatan barang jadi / setengah jadi dari banyak bahan baku / barang setengah jadi lainnya (khusus edisi standar). (
3.Stock Opname : digunakan untuk membuat jurnal penyesuaian persediaan saat Anda melakukan penghitungan saldo persediaan tiap akhir bulan (khusus edisi standar).
4.Jurnal Penghapusan Piutang Usaha : digunakan untuk membuat jurnal penghapusan piutang usaha yang tidak tertagih, barang kembali (return) atau atas terjadinya pembatalan pesanan
5.Jurnal Penghapusan Hutang Usaha : digunakan untuk membuat jurnal penghapusan hutang usaha atas terjadinya pembatalan pesanan atau barang kembali (return).

Keterangan :
•Untuk memudahkan penjelasan tentang jurnal-jurnal tersebut, informasi selanjutnya dalam buku ini akan dikelompokkan berdasarkan kegiatan ekonominya, seperti penjualan, pembelian, kas dan persediaan.
•Sebelum Anda mulai menginput transaksi, ada baiknya jika Anda membuat dan mengorganisasikan Data Akun, Klasifikasi Akun, dan data-data pendukung lainnya terlebih dahulu, seperti Data Nama dan Alamat , Data Proyek dan Data Persediaan, meskipun Anda dapat melakukannya saat sedang membuat jurnal transaksi dengan bantuan Jendela Pencarian Data
•Zahir Accounting dalam membuat jurnal otomatis membutuhkan informasi akun penting (perkiraan-perkiraan yang digunakan dalam jurnal transaksi yang tidak tampak dalam jendela jurnal), periksa dahulu perkiraan penting yang telah dibuatkan secara oleh program apakah sudah sesuai dengan keinginan dan diperusahaan Anda.
•Jika perusahaan Anda telah lama berdiri dan Anda menggunakan Zahir Accounting hanya untuk melanjutkan pencatatan dan menginput transaksi yang baru terjadi saja, maka sebelum menginput transaksi, Anda disarankan untuk terlebih dahulu mengisi saldo awal yang dibutuhkan.

Selain jurnal transaksi diatas, Zahir Versi 5.0 juga dilengkapi dengan transaksi Procurement. Transaksi ini tidak menyebabkan timbulnya jurnal transaksi tetapi dapat mengontrol proses dari awal Permintaan Barang sampai dengan pembuatan PO di Pembelian serta Penawaran Harga sampai dengan Pembuatan SO di Modul Penjualan.

Keterangan : Tidak semua formulir transaksi yang disebutkan diatas tersedia pada edisi yang Anda gunakan, namun Anda dapat membeli fitur tersebut bila diperlukan.
 
Joomla 1.5 Templates by JoomlaShine.com